Tips Merawat Motor Agar Tetap Awet Dengan Biaya Ramah Di Kantong

0
55

merawat motor

Kami rasa semua pemilik sepeda motor pernah mengalami aki soak atau ngedrop. Ada banyak faktor yang menyebabkan aki mengalami kerusakan, seperti pemakaian aksesoris yang berlebihan, air aki kurang, hingga aki sudah berumur.

Nah agar kondisi aki selalu terjaga, maka masbo harus selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi aki. Kami juga menyarankan untuk mengurangi pemakaian aksesoris yang berhubung dengan sistem kelistrikan, seperti klakson, lampu projie, dll. Jika kegiatan ini tidak dilakukan, maka dapat menimbulkan akibat buruk pada mesin motor injeksi. Biasakan melakukan hal ini di setiap pagi hari dengan menggunakan kick starter.

Cara merawat motor bebek dengan mengecek kondisi oli ini memiliki tujuan mengetahui apakah oli sudah mulai habis atau melihat kondisi oli masih bagus atau tidak. Jika kalian mengecek kondisi oli, lalu kondisi oli berwarna kehitaman serta kurang kental sebaiknya segera ganti oli. Tanda dari oli berwarna kehitaman menggambarkan, bahwa fungsi oli mengelapisi komponen dari gesekan mesin serta berfungsi untuk meredakan panas sudah tidak berfungsi lagi. Petugas dari tiap bengkel resmi biasanya akan melakukan pemeriksaan seluruh bagian motor. Jika dilakukan secara rutin, maka motor matic pun akan lebih awet.

Jangan gunakan elektrik starter agar tidak menimbulkan konsleting pada kendaraan. Sisi hemat bakar inilah yang juga menjadi pilihan sehingga anda tidak perlu sering pergi ke pom bensin. Namun kadang beberapa orang justru mengabaikan perawatan motor injeksi yang berakibat fatal dengan kerusakan komponen bahkan mesin. Untuk usia motor injeksi yang panjang tentunya dibutuhkan servis dan perawatan berkala sehingga dapat tetap prima digunakan kapanpun.

Kendaraan yang lama tak dipakai, minimal memanaskan mesin, lambat laun tentu akan menggerus performanya, Apalagi jika mobil atau motor kamu termasuk jarang mendapat perawatan rutin di bengkel resmi. Kebijakan pemerintah melakukan langkah lockdown untuk membatasi penyebaran virus Corona, membuat banyak masyarakat tak berani keluar rumah. Sayangnya kondisi ini perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan yang perlu merawat motor yang sering nganggur di parkiran rumah. Mungkin cara ini dianggap paling mudah dan paling sepele, namun jika cara ini tidak pernah dilakukan akan merusak komponen mesin motor bebek kalian. Sebaiknya, sebelum kalian melakukan aktivitas serta sebelum berkendara lakukan pemasanan motor telebih dahulu kurang lebih 2-5 menit. Pada kelistrikan, motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik dari aki sebagai sumber energi.

Daripada mesin motor kammu rontok karena mager ke bengkel, mengapa tak melakukannya sendiri di rumah. Tapi tetap ingat ya, merawat motor ini jangan dulu dilakukan di bengkel. Kamu bisa lho melakukan perawatan sederhana untuk sepeda motor kamu sendiri di rumah. Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endo Sutarno, mengatakan performa terbaik sepeda motor tak hanya didapatkan dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan.

merawat motor

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet. Untuk menjaga kondisi motor tetap prima, pemilik sepeda motor harus melakukan perawatan rutin dan juga beberapa bagian komponen penting sepeda motor agar terhindar dari risiko mogok di jalan. Sebab jika tidak, motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya terus menurun. Pergi ke bengkel untuk ganti oli kadang membuat mood menjadi buyar jika hujan turun.

Hal ini bahkan sangat dibutuhkan bagi motor matic yang memang lebih rentan dan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan motor manual. Cara merawat motor selanjutnya adalah rutin membawa motor Anda ke tempat servis resmi. Misalnya dilakukan ketika hari libur atau akhir pekan, hari dimana Anda jarang menggunakannya. Hal ini untuk membantu mengecek ketika ada komponen di dalam motor yang mengalami kerusakan.

Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sampai kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti dijalan karena bensin habis karena dapat merusak mesin motor tersebut. Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

Hal tersebut dikarenakan kerja injektor harus terhubung dengan saluran listrik yang stabil. Untuk memudahkan perawatan sepeda motor bebek pilihlah aki kering agar mudah perawatan. Cara mengecek kondisi aki, kalian dapat melihat indikator pembatas air aki dan apabila jumlahnya menurun maka dapat dikatakan motor kalian terjadi permasalahan pada kelistrikan. Usia aki pada motor adalah 2 tahun, untuk itu setelah aki motor kalian sudah melebihi batas penggunaan sebaiknya ganti air aki motor. Jika akan mengganti aki, sebaiknya sesuaikan dengan jenis aki sebelumnya agar tidak ada lagi permasalahan yang terjadi pada aki.