Jurus Jitu Mengelola Keuangan Keluarga, Sebaiknya Jangan Terlalu Pelit

0
58

mengelola keuangan keluarga

Rencana anggaran pengeluaran tidak boleh melebihi kemampuan atau pendapatan keluarga dalam sebulan. Untuk membuat keuangan rumah tangga lebih teratur, ada baiknya untuk membuat kalender tagihan setiap bulan. Biasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, setidaknya di tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda. Biaya – biaya yang selama ini tidak ada, muncul dalam jumlah besar. Misalnya, gaji baby sitter, pengeluaran makanan dan minuman bayi, serta kebutuhan sandang. Biaya lain untuk kepentingan masa depan anak juga tidak kecil.

Dengan rumus tersebut, 50% dari total pendapatan keluarga akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup. Setelah rencana belanja disusun dengan menyisakan kebutuhan-kebutuhan prioritas utama yang harus dipenuhi dalam sebulan, maka Anda sudah bisa menetapkan anggaran dari setiap detail kebutuhan keluarga.

Maka dari itu, mulailah melakukan perencanaan keuangan jangka panjang sedini mungkin. Menetapkan dana darurat minimal 3-6 kali gaji per bulan untuk menutup biaya hidup 3-6 bulan. Ada cara mengatur manejemen keuangan keluarga yang bisa dilakukan dengan rumus sederhana, yakni 50 – 30 – 10 – 10.

Saat jadi mulai mengelola uang, sudah tentu Anda harus memulainya oleh kunci sukses mengatur ekonomi keluarga. Kunci ini terletak pada keterlibatan seluruh awak keluarga. Biarkan setiap awak, bahkan anak sekalipun tuk turut mengambil peran. Saya bertemu banyak orang yang lebih dulu memangkas penanaman, sementara pengeluaran life-style tetap dipertahankan. Bukan pilihan yang bijak dalam mengelola ekonomi rumah tangga. Dalam rumah tangga biasanya yang berwenang dalam keuangan adalah ibu. Tentu saja ini adalah tanggung jawab yang tidak kecil apalagi di masa krisis saat harga-harga barang kepentingan pokok melonjak.

mengelola keuangan keluarga

Saya tahu bahwa pengeluaran akan naik, tetapi tidak antisipasi bahwa kenaikkannya setinggi ini. Sebagian karyawan terpaksa dirumahkan tanpa gaji, menunggu situasi kembali membaik. Akibat pandemi ini, sebagian rumah tangga yang semula memiliki dua sumber pemasukan, dari suami dan istri yang bekerja, terpaksa harus mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Pengelolaan keuangan yang baik dengan pasangan tidak terlepas dari keterbukaan.

Karena dalam hidup, kita akan berinteraksi dengan uang terus menerus. Saat menikah, setiap pasangan pasti akan merencanakan keluarganya, mau punya berapa anak, mau tinggal dimana, tetapi seringkali lupa membahas soal perencanaan keuangan. Padahal semua aspek dalam pernikahan pasti membutuhkan uang, mulai dari kehamilan, kelahiran, biaya kesehatan, dan sekolah anak. Setiap orang tentunya ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Bagi orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pendidikan adalah prioritas. Saat nantinya memasuki usia pensiun, kehidupan yang tenang dan damai tanpa memiliki masalah keuangan adalah impian jangka panjang. Hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda mengatur keuangan dengan baik.

Agar bukan perlu pusing tujuh keliling di tanggal tua dikarenakan uang belanja menipis, Mother or father Pinters perlu mengetahui teknik mengatur keuangan berikut terkait. Jika sudah menyangkut kepentingan keluarga, seorang istri bisa sangat telaten. Untuk situasi yang berkaitan dengan ekonomi keluarga, istri jarang banget bertindak ceroboh. Seorang istri biasanya sangat hati-hati andai menyangkut masalah keuangan.

Selain rencana pengeluaran, Anda serta pasangan juga perlu mendiskusikan mengenai rencana pendapatan, penanaman, hingga tabungan masa tua. Diskusikanlah apa kedua pasangan akan bekerja di luar rumah, atau ada pembagian peran di masa tertentu. Anda dan pasangan pun perlu mendiskusikan rencana penanaman yang mungkin akan diterapkan untuk menambah pemasukan rumah tangga, atau sebagai bekal persiapan pensiun nanti. Membicarakan uang dengan pasangan adalah kunci utama agar dapat sejalan, sevisi, semisi, dalam pengelolaan keuangan sehingga tujuan dan mimpi keluarga dapat tercapai. Jika hanya suami yang bekerja, usahakan agar istri juga mengetahui besaran gaji suami. Perencanaan keuangan adalah ilmu yang seharusnya semua orang mengerti.