Cara Merawat Mobil Bekas Tidaklah Sulit, Berikut Caranya

0
141

merawat mobil

Selain rutin memeriksa mesin kendaraan komponen-komponen seperti kondisi kabel, ring, dan karet-karet penyangga wajib dicek juga loh saat Sahabat merawat mobil tua. Untuk masalah kabel, perhatikan apakah kabel-kabel pada mobil anda sudah getas atau tidak atau dalam kondisi mengelupas atau tidak.

Kabel yang getas dan mengelupas dapat menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan. Tips merawat mobil berikutnya yaitu pemakaian bahan bakar yang tepat tentu akan membuat mesin mobil anda lebih awet. Dalam hal ini dihitung dari nilai oktan bahan bakar tersebut, semakin tinggi oktan bahan bakar minyak maka akan bisa memberikan tekanan yang lebih besar sebelum bbm tersebut terbakar secara spontan.

Tips merawat mobil berikutnya yakni pastikan air aki pada level yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda. Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan — Apabila mobil Anda rutin digunakan sudah tentu mobil Anda membutuhkan perawatan sebagaiselaku, ala, menurut, berkala pula. Anda pun tak ingin bila mobil tiba-tiba mogok di dalam jalan, letaknya jauh pula dari bengkel.

Warna cat yang bersih dan mengkilap tentu menjadi penampilan visual yang membuat mobil anda terlihat indah dan menarik. Untuk merawat cat, gunakanlah sabun cuci khusus untuk mencucui mobil dan jangan sembarang termasuk juga lap yang digunakan adalah lap halus. Cara merawat ini bisa anda lakukan sendiri sehingga cat mobil anda bisa lebih awet. Selain lima tips merawat mesin tersebut, Anda juga harus memerhatikan faktor lain yang krusial pada mobil Anda, seperti kondisi ban dan karet wiper. Pastikan ban tidak aus dan karet wiper Anda masih elastis agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Dan semakin kecil oktan akan semakin lama bbm tersebut terbakar dan akan menyebabkan suara atau knocking dalam mesin mobil dalam kasus yang ekstrim piston bisa sampai rusak. Untuk itulah mobil keluaran sekarang ini memerlukan kompresi yang tinggi sehingga membutuhkan oktan yang lebih tinggi.

Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter.

merawat mobil

Banyak juga bengkel yang menyarankan untuk ganti oli setiap 5 ribu kilometer jika setiap harinya berkutat dengan kemacetan dan kondisi jalanan yang tidak normal, sehingga jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil. Solusinya adalah menggunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Jika jadual ganti oli sudah tercapai, wujud baiknya untuk melakukan penggantian oli mobil. Sebagai pemilik mobil, tentu Anda mau mobil awet untuk jangka waktu yang lama. Tuk memastikan mobil lebih tahan lama dan nyaman dikendarai, para pemiliki mobil diharuskan melakukan perawatan secara rutin, baik oleh pribadi maupun servis berkala ke bengkel.

Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat. Pada umumnya, jadwal ganti oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer.