Apakah Keuangan Anda Tidak Sehat? Ini Tandanya

0
141

Kalau pun memang ada, tak ada jaminan keluarga tersebut bisa harmonis. Dengan begitu, penghasilan yang Anda peroleh bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih produktif. Tentu saja ini untuk menghindari kredit yang macet dan menyebabkan kewalahan. Hal ini juga akan membantu Mama Papa dalam mengangsur cicilan sesuai tanggal yang ditentukan. Mama Papa juga harus memastikan uang yang masuk lebih besar dibandingkan pengeluaran, ya. Besarnya Jaminan Wajib Awal yang harus diserahkan oleh Pemohon kepada IndoPremier baik dalam bentuk uang tunai ataupun saham paling sedikit 50% atau Rp. 200. 000. 000, – yang mana lebih tinggi dari nilai pembelian efek yang diberi fasilitas pembiayaan oleh IndoPremier.

“Kalau semisal ada utang lunasi dulu, sisanya gunakan untuk hal yang produktif. Aset seperti tas misalnya, kalau disewakan dan menghasilkan perputaran uang berarti produktif, ” sambung Melvin lagi. “Kebanyakan orang sampai berusia 40 tahun itu hanya mengandalkan satu engine saja, padahal jika ada masalah ya akan habis semua. Untuk itu akan lebih baik jika ada sumber lainnya, misalnya dengan mencari pendapatan tambahan, ” ujar Melvin. Maka dari itu, ubah kebiasaan untuk selalu menggunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Jika ingin lebih efisien, Anda bisa menggunakan kartu debit atau uang elektronik berupa e-money / Flazz / Brizzi / TapCash. Ambil waktu untuk melakukan rapat keluarga, dan tentukan berapa besar nominal yang cukup dikeluarkan untuk setiap pengeluaran.

Sepakati bersama dengan setiap anggota keluarga, dan beri tahu bahwa anggaran ini tidak akan berjalan sesuai dengan rencana tanpa keterlibatan seluruh anggota keluarga. Jenis investasi pun bermacam-macam, diantaranya, deposito, saham, reksadana, sukuk, obligasi, properti, emas dan lainnya.

Dana yang siap untuk digunakan untuk pembelian reksadana dan penarikan dana. Terkadang pelemahan ekonomi terjadi hingga pemasukan pun tidak selalu stabil. Atau bisa saja hal yang tidak diinginkan lainnya terjadi, misalnya ketika salah satu pencari nafkah harus berhenti bekerja sementara waktu karena masalah kesehatan.

Untuk itu selesaikan semua utang-utang konsumtif yang dimiliki sebelum mulai berinvestasi. Jangan pula berinvestasi jika modal yang digunakan didapat dari pinjaman, karena ini bisa sangat beresiko.

Dana yang berasal dari valuasi saham sebagai jaminan sementara yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day) yang dapat dijadikan jaminan 100%. Penggunaan dana Fasilitas berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan dan forced-sell atas saham yang dijaminkan tersebut. Dana yang berasal dari valuasi saham sebagai jaminan sementara yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day). Batas dana yang ditambah dengan valuasi saham sebagai jaminan sementara yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day). Dana yang berasal dari instrumen reksadana pasar uang yang telah anda tentukan melalui halaman pembayaran dan penempatan otomatis sebagai instrumen setara kas. Penggunaan Talangan Sementara berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan.

Masing-masing investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, maka sebelum investasi wajib untuk mencari tahu jenis investasi itu. Dan jika kamu berutang pada barang-barang yang konsumtif, maka kamu harus bisa memastikan utang itu tidak lebih dari 30%. Jika memang melebihi persentase itu, maka kamu harus bisa menambah penghasilan. Dalam Journal of Behavioral and Experimental Finance, dijelaskan bahwa literasi keuangan memengaruhi berbagai perilaku keuangan. Karena itu, meningkatkan literasi keuangan sangat penting dalam mengatur keuangan.

Maka dari itu sahabat satuters harus segera mencari solusi untuk bisa menekan angka 25% tersebut, yaitu dengan mencari penghasilan tambahan. Mencatat keuangan saat ini tak perlu ribet, karena di era teknologi seperti ini, sudah banyak aplikasi mencatat keuangan yang bisa didownload di play store.