7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Anggrek Dendrobium

0
166

merawat anggrek

Hal itu disebabkan karena pertumbuhan anggrek ini sangat ditentukan oleh faktor genetika yang bagus. Dengan kelembaban yang tinggi, sebenarnya tidak akan berpotensi menyebabkan busuk daun dan busuk tunas. Tetapi tanaman anggrek tidak begitu menyukai keadaan yang becek dan banyak air. Bunga anggrek ini memiliki nama latin Orchidaceae dan termasuk kedalam tanaman hias bentuk bunga. Tanaman anggrek juga memerlukan pemupukan agar bisa tumbuh dengan baik dan nutrisinya terjaga.

Dalam hal membudidayakan anggrek, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti persiapan media tanam dan terpenuhinya intensitas cahaya. Selain itu dalam pertumbuhan anggrek anda juga harus tahu bagaimana membudidayakan anggrek dengan benar. Pastikan untuk memakai pot bunga dengan pembuangan air yang bagus, supaya bunga anggrek tak terendam air terlalu lama. Mengutip dari Simplemost. com, anggrek membutuhkan banyak cahaya langsung. Tapi, gak usah letakkan anggrek di area yang terkena paparan sinar matahari siang hari hal ini karena bisa menyebabkan bunganya layu dan terbakar. Cara merawat bunga anggrek bulan berikutnya yaitu dengan memperhatikan trik menyiramnya.

merawat anggrek

Bahan media tanam untuk anggrek tanah ini yang utama adalah tanah. Beberapa media tanam bisa Anda pilih untuk membudidayakan anggrek, sebagai tanaman hias. Anggrek yang sehat, daunnya berwarna hijau muda, sedangkan anggrek yang tidak mendapatkan cukup cahaya daunnya berwarna hijau tua. Nah anggrek yang memiliki daun berwarna kuning atau merah menandakan tanaman mendapatkan terlalu banyak cahaya Matahari. Sebaliknya, kamu tidak perlu menyiram saat memasuki musim hujan, kecuali jika bunga kesayanganmu ditempatkan di bawah rumah lindung.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka tanaman anggrek maka shading paranet di tambahkan kipas angin di bagian atas pojok untuk membantu sirkulasi udara agar tetap dingin. Pada siang hari tanaman anggrek akan memerlukan suhu berkisar 30 derajat celcius. Sedangkan untuk malam hari, tanaman anggrek membutuhkan suhu udara sekitar 24 derajat celcius. Dan suhu ini sanagt cocok jika ditanaman di Indonesia yang beriklim tropis. Namun dari banyaknya tanaman anggrek, hanya anggrek bukanlah yang sering dijadikan tanaman hias dihalaman rumah. Anda bisa melakukan penyiangan dengan cara mencabut gulma yang tumbuh disekitar tanaman.

Penyiangan ini juga bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar anggrek. Jika Anda tidak rajin melakukan penyiangan, maka tanaman Anda akan kesulitan untuk tumbuh dan berkembang. Akibatnya, tanaman anggrek bulan atau anggrek lainnya tidak dapat berbunga terus, seperti yang diharapkan. Jenis anggrek yang ditanam menggunakan merupakan jenis anggrek tanah.

Intensitas air siraman sebaiknya menyesuaikan jenis dan ukuran tanaman serta kondisi lingkungannya. Tidak hanya itu matahari juga dapat berfungsi dalam pembentukan bagian tanaman yang rusak sekaligus menyimpan cadangan makanan. Untuk intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan juga berbeda-beda tergantung pada jenis tanamannya.

Cara pemakaiannya adalah dengan cara menyemprot bagian akar dan dilakukan seminggu sekali. Kelembaban udara yang baik dan ideal untuk tanaman anggrek yaitu 60 %. Untuk membuat agar kelembapan udaranya selalu terjaga maka perlu membuat kolam-kolam kecil yang berada di bawah pot tanaman anggrek. Jika suhu terlalu panas maka kualitas bunga dari tanaman anggrek tersebut kurang baik.