7 Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga Lebat Dan Subur, Nomor 6 Perlu Diperhatikan

0
75

merawat anggrek

Hal ini membuat tanaman cantik satu ini butuh perlakuan khusus agar tumbuh maksimal. Ketika ada bercak busuk hitam, semprotkan pestisida berbentuk tepung gunakan dosis 2 gram/2 liter air.

Penyiangan perlu dilakukan untuk menghilangkan gulma atau tanaman pengganggu. Ini bertujuan untuk menghindari adanya perebutan unsure hara oleh anggrek dan gulma. Meski begitu, pastikan terlebih dahulu bahwa media tanam yang akan disulam ini masih layak untuk ditanam kembali. Jika dirasa media tanamnya sudah tidak layak, maka buanglah media tanam tersebut, kemudia isi dengan media tanam dan bibit yang baru. Penyulaman bertujuan untuk menanam kembali anggrek yang mengalami gagal tanam/mati. Ini bertujuan untuk menghilangkan bibit-bibit penyakit, menambahkan nutrisi pada media tanam, dan menjadikan tekstur yang gembur dan pas.

Dalam perawatan anggrek juga perlu memberikan pupuk yang mengandung unsur hara yang tinggi. Kamu bisa menggunakan pupuk organik atau anorganik dengan cara menyemprotkan, menyiramkan, atau menaburkannya, tergantung bentuk pupuk yang dipilih padat atau cair. Dalam Cara Merawat Anggrek agar Subur dan Berbunga adalah menjadi hal yang penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan tanaman ini. Oleh sebab itu, berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam perawatan anggrek. Untuk orang yang sudah pernah membudidayakan anggrek akan terasa mudah, sebaliknya untuk sebagian orang yang baru mempelajari tentang budidaya anggrek akan sedikit susah. Selain menggunakan lem lalat, Anda juga perlu menggunakan bantuan dari insektisida dan fungisida.

Media tanam untuk anggrek yang ditanam menggunakan pot anggrek sebenarnya bisa bermacam-macam, seperti yang sudah ada dalam pilihan diatas. Anda bisa memilihnya berdasarkan ketersediaan di tempat tinggal Anda. Cukupi kebutuhan air serta jaga kelembabannya dengan rutin menyirami anggrek setiap hari. Lakukan penyiraman setidaknya dua kali sehari jika cuacanya panas.

Insektisida digunakan biasanya digunakan untuk mengatasi serangga yang mengganggu pertumbuhan anggrek bulan. Sedangkan fungisida biasanya akan efektif untuk mengatasi jamur. Selain itu, anggrek bulan biasanya juga menyukai tempat dengan temperatur yang sejuk, berkisar antara derajat celcius. Dan, agar kondisi dari tempertaur tersebut tetap sejuk, Anda bisa menambahkan kipas-kipas angin di sudut bagian atas sebagai pembantu sirkulasi dan penyejuk udara.

Kamu cukup menyiram anggrek dengan satu gelas air saja, tidak lebih dan tidak kurang. Menuruterakini. com, intensitas cahaya yang cocok untuk anggrek harus berkisar 50 sampai 70%. Agar anggrek tumbuh dengan cantik dan segar, kamu harus membuat lingkungan yang sempurna untuknya. Media tanam berbasih batang pohon tidak meresap air terlalu banyak dan mengeluarkannya langsung lewat lubang drainase. Perlu kamu ketahui, daun berwarna kecoklatan itu menandakan daunnya terbakar. Hati-hati, karena itu indikator intensitas mataharinya sangat berlebihan.

merawat anggrek

Pada kondisi siang hari, anggrek bulan membutuhkan temperature ideal yaitu 30 derajat Celsius. Sedangkan pada malam hari, anggrek bulan membutuhkan 23 derajat celcius. Sebab, di Indonesia yang merupakan daerah tropis, suhu tersebut merupakan tingkat suhu normal rata-rata. Tanaman tidak luput dari serangan hama dan penyakit, jangan lupa untuk membersihkan anggrek secara rutin.

Namun, kalau hujan, kamu tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman sudah terkena air hujan. Penyiraman harus dilakukan secara tepat karena anggrek memang membutuhkan asupan air yang cukup. Anggrek memang harus ditempatkan di dalam rumah lindung dengan intensitas cahaya antara 50 hingga 70%. Nah, untuk itu, kamu memang harus memerhatikan lokasi tempat menanam anggrek alias ketinggian tempat. Sementara salah satu jenis anggrek favorit adalah anggrek epifit yang berasal dari kawasan beriklim tropis. Udara yang bergerak membantu menguapkan air yang tergenang, yang bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri yang terperangkap saat menyiram anggrek. Saat memindahkan ke pot baru, periksa akarnya dan potong akar yang menghitam, berlubang, atau rusak.

Hindari menyiramkan air terlalu banyak karena akan merusak struktur tanaman. Bahkan bisa berakibat meningkatkan kelembapannya sehingga anggrek membusuk dan ditumbuhi jamur dan bakteri. Tanaman anggrek yang akan ditempel bisa berasal dari tanaman muda, anakan, atau bibit kompot. Pilihlah bunga yang unggul dan bebas dari penyakit dan hama. Apalagi jika di perkarangan terdapat berbagai jenis bunga dengan beragam warna.

Air yang keluar darisprinkler tidak perlu menyentuh anggrek, cukup membasahi rumput dan tanah di sekitarnya saja. Berikan pupuk tidak lebih dari 3 kali seminggu untuk menghindari risiko tanaman kerdil. Jenisnya beragam, kamu bisa memilih pupuk tanah, tabur, atau pupuk siram. Pupuk merupakan makanan bernutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh besar.