6 Tips Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0
159

mengelola keuangan keluarga

Mengatur keuangan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, termasuk untuk orang-orang yang sudah berumah tangga. Anggaplah saat ini usia Anda dan pasangan 25 tahun dengan kebutuhan Rp5 juta per bulannya. Anda dan pasangan memutuskan untuk pensiun di usia 55 tahun, maka 5 juta tersebut akan menjadi Rp21. 600. 000 per bulannya ketika 30 tahun mendatang. rata-rata bunga tabungan sekitar 4-5% per tahun, Namun jika berinvestasi, Anda bisa mendapatkan bunga lebih dari tabungan. Jadi, Anda disarankan untuk berinvestasi pensiun sebanyak 15-20% dari pemasukan kotor Anda, namun utamakan melunasi utang jika Anda memilikinya. Alternatif lainnya, Anda mengalokasikan 9 hingga 12 persen pemasukan Anda untuk biaya belanja di supermarket. Dari Rp5 juta tersebut, Anda dan pasangan bisa membagi lagi sekitar 15%, yaitu RP1 juta untuk biaya tranportasi.

mengelola keuangan keluarga

Kategori pengeluaran ini termasuk hal-hal yang Anda inginkan meski tidak dibutuhkan, misalnya saja hadiah ulang tahun, tiket nonton bioskop, gym membership, kopi pagi hari, dan sebagainya. Biasanya, biaya ini disarankan untuk tidak melebihi 35% dari anggaran Anda, bahkan beberapa di antaranya menyarankan agar tidak melebihi 25%. Pengatur suhu yang diprogram otomatis dapat membantu Anda menghemat uang, sehingga lebih mudah menyisihkan uang untuk tabungan. Pilihlah pengatur suhu dengan daya energi yang terendah, sehingga dapat hemat energi dan hemat uang, walaupun harga belinya sedikit lebih mahal daripada yang model biasa. Maka dari itu, ubah kebiasaan untuk selalu menggunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Jika ingin lebih efisien, Anda bisa menggunakan kartu debit atau uang elektronik berupa e-money / Flazz / Brizzi / TapCash. Jika Anda memang memiliki pos untuk membayar cicilan utang setiap bulan seperti pos di atas, tentunya hal ini harus diprioritaskan.

Selain biaya cicilan mobil, Anda juga harus memasukkan biaya-biaya lainnya, seperti biaya servis, perbaikan, dan bahan bakarnya. Apabila Anda tidak memiliki kendaraan, maka biaya ini termasuk biaya transportasi misalnya kendaraan umum atau tiket kereta dan bus.

Maka jadikan itu target, dan pastikan anggaran bulanan Anda tidak melebihi nominal tersebut. Nantikan artikel dan informasi menarik seputar tips keuangan di Blog 99. co Indonesia. Selain itu, kamu juga akan dipaksa untuk memangkas biaya kebutuhan lain untuk kepentingan ini. Kebanyakan orang menggunakan kartu kredit untuk berbagai pembayaran karena kemudahan yang ditawarkan. Sisihkan 25-30% untuk ketiga hal di atas dengan porsi 15% untuk asuransi, 10% untuk tabungan, dan 5% untuk asuransi kesehatan. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dana yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Pastikan untuk membayar utang secara teratur setiap bulan agar Anda tidak tertunggak dan berdampak pada buruknya iDebt SLIK OJK Anda. Mudah – mudahan ini menjadi pengingat kembali bahwa perlu cara yang berbeda dalam merencanakan keuangan dari tidak punya anak menjadi punya anak. Gunakan catatan pengeluaran untuk melihat mana konsumsi yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Akhirnya, demi menghentikan bleeding keuangan ini, saya putuskan melihat dan menganalisa ulang semua pengeluaran. Sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah memiliki daftar apa saja yang harus dibelanjakan sehingga menghindari Anda dari lapar mata. Anda juga bisa mengecek diskon yang diberikan swalayan sehingga belanja akan lebih hemat. Misalnya saja investasi emas, reksadana, saham, tanah, properti, hingga menabung di deposito.