30+ Peluang Usaha 2020 Paling Menjanjikan & Modal Kecil

0
62

bisnis sampingan

Untuk bisnis katering, Anda bisa saja memulainya dengan modal minim. Inilah yang ditunjukkan oleh Riezka Sari ketika membangun HalalFood dengan Rp3 juta saja. Namun, kegigihannya dalam berbisnis mengantarkannya pada pencapaian omzet hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. Kunci dari bisnis ini adalah jeli melihat peluang usaha terbaru, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang baik. Dengan modal awal hanya Rp. 1 juta, Famela mengaku margin keuntungannya bisa mencapai 50% dari modal awal yang ia keluarkan.

Waktu pengerjaan ditentukan oleh kemampuan Anda berikut juga dengan tingkat kerumitan bisnis si klien. Anda bisa memberikan harga yang sesuai dengan effort kerja Anda. Tapi saya juga merekomendasikan Anda mempelajari kompetitor Anda. Hal ini cukup mudah untuk dilakukan di Indonesia karena sudah banyak marketplace besar yang bermain. Beberapa murid dan teman saya juga menjalankan Bisnis model ini dan bisa mendapatkan jutaan hingga puluhan juta perbulan.

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang baik. Teman saya di Bali mulai mencoba bisnis ini, dengan memasak di Dapur Rumahnya saja. Kemudian menjualnya melalui Go-Food dan setiap hari bisa mengantongi profit 1-2 juta per hari dari berjualan Ayam Geprek saja. Sehingga orang-orang akan rela membayar untuk mengabadikan momen tersebut bukan? Nah, kalaupun Anda tidak memiliki waktu yang penuh untuk menjalankan Bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan menjadi Fotographer Lepasan. Tentu saja Anda perlu memahami standart kerja dan perihal detail lainnya agar orang yang menggunakan jasa Anda merasa nyaman dan aman.

Bisnisnya semakin berkembang terutama setelah pemasaran dilakukan juga melalui website Lidi Geli. Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, Anda tidak perlu menyewa ruko. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh. Anda juga bisa belajar dari kesuksesan Yanis Gallery asal Yogyakarta yang merambah pasar ekspor dengan menggunakan website sebagai media promosi. Berbagai penghargaan pun diraih berkat ketekunan mereka di bisnis tersebut.

Cerita ini berasal dari Refaldy Fauzi, sosok di balik Sneaklin. Sebagian besar penduduk Indonesia masih mencuci sepatunya sendiri. Namun, bukan bertanda bisnis cuci sepatu gak bisa menjadi peluang pekerjaan yang baik. Anda tidak harus memulai dengan jumlah tersebut untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris. Anda bisa saja mulai fokus dengan jasa grooming hewan peliharaan dulu.

bisnis sampingan

Jika sudah ada keuntungan, bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dijual di toko Anda. Bahkan, nilai ekspor bisnis ini tahun lalu mencapai Rp122 triliun! Ini menjadikannya salah satu peluang usaha terbaik di tahun 2020.

Jangan salah, jasa SPG masih cukup populer untuk event-event atau pameran. Izin saja untuk disewakan, dan kamu bisa membuatnya makin laris dengan Airbnb, Booking. com, Airy Rooms, atau situs-situs lainnya. Sebagai mahasiswa, tentu banyak waktu buat beres-beres kamar yang disewakan. Itu sebabnya, ketika kartu kredit sudah di tangan, manfaatkanlah saja untuk membuka jasa pembayaran online untuk rekan-rekanmu. Jualan snack, kopi, rokok, roti, atau air minum saja mungkin cukup dengan modal Rp 3 jutaan. Lambat laun, ketika labanya sudah bertambah kamu bisa mengembangkan usaha itu jadi jualan sembako. Mesin jahit bekas harga Rp 2 jutaan banyak sekali, modal jarum dan benang palingan hanya Rp 200 atau Rp 300 ribuan.

Namun, potensi marketing ini sendiri masih amat terbuka lebar. Berawal untuk tugas kuliah, ia mendapatkan ide jasa cuci sepatu. Kemudian bisnis tersebut kian berkembang, dan berubah akhirnya menjadi premium shoes laundry. Melalui modal Rp100 ribu aja, bisnis ini bisa mendatangkan omzet hingga 500 juta rupiah per bulannya.

Peluang usaha inilah yang ditangkap oleh Nova Budi Setiabudi ketika mendirikan bisnis minuman kesehatan. Melalui website SuweOraJamu ia terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya minum jamu yang berbahan natural. Andry Tri Kurniadi adalah contoh pelaku bisnis laundry sukses dengan omzet hingga Rp300 juta/bulan. Awal bisnisnya didasari pemikiran bahwa “kuantitas mencuci baju yang lebih sering dari membeli baju”. Anda bisa memulainya dengan barang yang nilainya tidak terlalu tinggi dulu. Selama barang antik tersebut diinginkan oleh konsumen, bisnisnya akan terus berjalan. Yang paling penting, memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan dari rumah.

Seorang wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini. Jika Anda seorang web developer, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Seperti halnya bisnis jasa yang lain, peluang keuntungannya cukup besar. Selain Anda bisa memulai bisnis tersebut dari rumah, jenis keahlian yang bisa ditawarkan pun beragam. Kursus yang umum Anda temui tentu terkait dengan bahasa asing maupun mata pelajaran sekolah lainnya.