10 Cara Merawat Mobil Di Musim Hujan, Supaya Tetap Save Riding

0
122

merawat mobil

Sesekali jalankan mobil untuk pengisian accu yang lebih maksimal. TEMPO. CO, Jakarta -Merawat mobil dengan rutin tujuannya adalah untuk menjaga agar mobil tetap nyaman dikendarai. Selain itu, untuk memperpanjang masa guna mobil, serta untuk memastikan agar harga jual mobil tetap bernilai tinggi ketika ingin dijual kembali. Dan sebelum mencuci, pastikan tidak ada bagian mobil yang bocor dan rawan terkena air. Dengan membersihkan dengan teratur tentu hal ini akan menambah kenyamanan dalam mengendarai mobil tua.

Penggantian ring dapat membuat aliran bensin kendaraan anda lebih lancar dan suara mesin tidak akan menjadi kasar. Jika timing belt rusak atau terputus, tentu mobil tidak dapat bergerak. Oleh karena itu, agar hal seperti ini tidak terjadi pada diri kalian, ada baiknya, waktu penggantian timing belt ketika jarak tempuh sudah mencapai kurang lebih 40 km. Tidak hanya mesin saja, pada bagian bodi terutama cat juga wajib diperhatikan, tujuannya tentu agar mobil tua terlihat masih mudah. Cara ini tidak hanya berlaku untuk mereka yang suka parkir sembarangan, bagi mereka yang suka memarkir di tempat dingin juga perlu memperhatikan bodi mobil, tujuannya agar tetap terlihat terawat dan juga enak dilihat.

Salah satu langkah awal yang tepat untuk merawat kendaraan roda empat dapat dimulai dari pemilihan bahan bakar yang sesuai standar pabrikan. Caranya sangat mudah, anda bisa memastikan air aki di dalam level yang seharusnya, yakni antara garis batas penanda.

Ini bisa terlihat dari rembesan oli menetes keluar dari blok mesin, ” ujar Suparman. Namun, dalam situasi pandemi seperti ini, di mana masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah aja, bisa dimanfaatkan pemilik mobil untuk merawat kendaraan secara mandiri. Lalu jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap air wiper di tangkinya. Jaga untuk selalu dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal tangki air wiper. O ya, jangan lupa #LangsungCatat pengeluaran untuk perawatan mobil dengan Aplikasi Finansialku.

Selain itu anda juga dapat melakukan pengecekan aki dengan mengukur tegangan aki lewat voltmeter. Dengan begitu merawat mesin tentunya jadi kewajiban untuk pemilik mobil. “Dampak lainnya, bisa bocor yang diawali dengan sel rusak atau lepas.

merawat mobil

Jika pergantian oli tidak dilakukan, maka bisa memicu terjadinya gesekan antara komponen dan bisa saja membuat mobil menjadi cepat rusak. Pastikan untuk selalu mengganti oli mobil kamu secara berkala melalui jarak tempuh yang sudah kamu lalui. Iklim di Indonesia yang tropis membuat udara lembab akan menyebabkan pengembunan di tangki dan saluran bahan bakar jika mesin tidak dihidupkan dalam waktu lama. Akibatnya, yang terjadi adalah bahan bakar akan tercampur dengan air sehingga mengurangi kualitas bahan bakar serta berpotensi menimbulkan karat jika tangki/saluran bahan bakar terbuat dari besi. Tipsnya, hidupkan mesin setiap hari tanpa perlu menghidupkan sistem kelistrikan yang lain sekitar menit.

Selain itu, kamu akan dapat menemukan masalah-masalah lain yang mungkin ada pada mobil tua dan dapat dengan segera memperbaikinya. Selain itu, kabel yang sudah getas dapat menyebabkan terjadinya percikan dipermukaan kabel yang dapat mengakibatkan kebakaran. Apabila ring sudah lemah dan berkarat sebaiknya segera ganti dengan ring yang baru.

Di sisi lain daya aki tidak terisi optimal karena mobil jarang digunakan. Sepele, namun ini adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk mobil. Apalagi mobil bekas yang mungkin saja dari tangan pertama atau sudah berkali-kali berpindah tangan.

Maka mesin mobil tidak mengaget saat digunakan dan dilakukan tidak 15 menit agar efeknya lebih optimal. Biasakan untuk selalu memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum Anda akan membeli. Selain itu, untuk radiatornya sendiri harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk menyelesaikan penyelesaian radiator pada mobil Anda.