Trik Mudah Untuk Merawat Kucing Anggora Yang Baik

0
211

merawat kucing anggora

Ketika sobat membeli kandang, jangan lupa sekalian beli pasir zeolit. Nantinya pasir itu berfungsi sebagai alas kandang alias tempat buang kotorannya. Selain pasir, sediakan juga wadah makan dan minum untuk kucing. Sudah menjadi hal yang wajib bagi pemilik binatang peliharaan untuk menyiapkan kandang sebagai tempat tinggalnya. Buatkan kandang yang luas dan nyaman untuk kucing anggora anda. Jika tidak ingin repot anda bisa membeli kandang di petshop terdekat. Di sana banyak kandang kucing yang bervariasi dengan ukuran yang berbeda beda.

Pastikan menempatkan ditempat kering dan bersih, karena kucing anggora gak mau makan jika tempatnya kotor. Banyak orang yg berfikir bahwa kualitas baik didapatkan dari harga yg mahal, begitu juga melalui masalah memilih makanan buat kucing anggora. Meskipun kucing ini sangat aktif dan sering menghabiskan waktu bermain di dalam rumah, namun kamu tetap perlu untuk menyiapkan kandang untuknya.

merawat kucing anggora

Kucing anggora ini merupakan kucing yang sangat unik baik dari segi fisik maupun tingkah lakunya. Faktanya, kucing anggora dengan bulunya yang lembut, panjang dan sangat indah merupakan kucing yang saat ini sangat digemari orang-orang di Indonesia. Kita tahu sendiri bahwa angora adalah kucing yang aktif dan memiliki rasa keingintahuan yang besar. Daripada dia merusak lemari atau rakmu, mendingan kamu sediakan tempat khusus untuk memanjat. Turkish angora merupakan keturunan dari kucing liar afrika yang mengalami mutasi gen. Perubahan DNA tersebut menjadikan bulunya lebih panjang, lebat, dan lembut seperti sutra. Bahkan ketika anaknya lahir, induk kucing masih memerlukan makanan banyak untuk keperluan menyusui.

Cara merawat bayi kucing juga harus ekstra hati karena kondisi tulang dan daya imunitasnya masih sangat lemah. Jangan sampai perawatan yang kamu berikan justru membuat anak kucing kesakitan.

Merawat bulu Kucing Anggora artinya menjaga kesehatan kucing secara keseluruhan. Melansir dari Animals One How To, disarankan untuk menyisir bulu Kucing Anggora setiap hari menggunakan sisir yang sesuai dengan tipe bulu. Perawatan yang baik dan benar pada kucing sendiri bertujuan agar anggora senantiasa sehat dan bulunya bisa bertambah lebat dan cantik. Kamu harus memerhatikan makanan yang diberikan karena salah satu masalah yang kerap menghampiri kucing anggora adalah obesitas.

Vaksin ketiga diberikan ketika usia 16 minggu, vaksin yang diberikan adalah vaksin rabies sekaligus lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk kucingmu. Jenis vaksin untuk kucing ras ini ada berbagai macam, kamu bisa memilih vaksin dari perusahaan mana sesuai dengan saran dokter hewan. Perawatan atau periksa kesehatan kucing setidaknya dilakukan setiap bulan, supaya kesehatan tetap prima. Lakukan pemeriksaan ke rumah sakit hewan atau klinik hewan yang berkualitas. Sehingga kucing yang kamu pelihara terawat dengan baik dan sehat. berikut perlengkapan yang harus kamu miliki sebelum memelihara kucing di rumah.

Namun hal ini tidak berlaku untuk kucing anggora, karena anggora mempunyai tulang yang rapuh. Hingga jika memiliki banyak lemak berlebih akan membebani tulang kucing anggora. Kamu jua bisa mengunakan tempat makan yang lebar jika gak memiliki baki.

Agar kebersihan telinga kucing anggora tetap terjaga, disarankan untuk membersihkan telinganya setiap dua minggu sekali. Kucing memang umunya bisa menghilangkan kotoran telinga sendiri, tapi terkadang juga perlu bantuan manusia untuk membersihkannya. Memandikan kucing anggora terlalu sering juga tidak dianjurkan karena bulu kucing anggora terbilang rapuh sehingga rentan untuk mengalami kerontokan jika dimandikan terlalu sering. Jika anggoramu berwarna putih, shampo pemutih khusus hewan sangat dianjurkan. Setelah dimandikan, jangan lupa dikeringkan menggunakan hair dryer. Sebenarnya setiap kucing sudah punya sistem pembersihan diri, yaitu dengan menjilati tubuhnya.