Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi

0
166

mengelola keuangan keluarga

Begitupun dengan gaji kecil, apabila pengeluarannya tidak diatur maka bisa-bisa Anda terjerat utang. Jika lebih dari jumlah tersebut, bisa-bisa uang bulananmu akan habis karena membayar utang saja. Salah satu indikator keuangan yang baik adalah jumlah utang yang tidak lebih dari 30% penghasilan utama. Setelah beres mengalokasikan keuangan, biasanya terdapat uang sisa yang bisa digunakan untuk kebutuhan sekunder dan tersier. Jika sampai salah hitung, bisa-bisa kebutuhan rumah tangga tidak dapat terpenuhi dengan baik hingga penghujung bulan tiba. Melalui blog ini kami ingin memberikan tips jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu. Menabung memang memberikan dampak positif dan membantu mencapai tujuan keuangan Anda.

Setelah mengetahui pos pengeluaran, cobalah mulai mengalokasikan dana untuk setiap pos yang ada. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis maupun menggunakan tabel spreadsheet di Excel. Hal ini akan membantu Anda untuk menghitung setiap jenis pengeluaran, dan melihat perlu tidaknya mengalokasikan uang sebanyak itu. Dalam buku tersebut, Prita menunjukkan dengan hitungan angka – angka, bagaimana ASI bisa lebih menghemat dibandingkan susu formula. Ini inspirasi berhemat, yang menarik dan pantas dipertimbangkan dalam manajemen keuangan keluarga.

Dalam hal ini terdapat beberapa jenis pembelanjaan yang bermanfaat bagi generasi yang akan datang, dan pembelanjaan dengan jalan baik untuk mendapatkan pahala di akhirat, seperti zakat dan sedekah. Berapa pun pendapatan yang diterima maupun pengeluaran yang digunakan, terbukalah terhadap pasangan. “Ini banyak terjadi ketika satu orang menghasilkan lebih banyak, sementara pasangan hanya menghabiskan tanpa mampu mengelola, ” ujar Newman. Untuk itu, komunikasikan hal ini dengan gamblang bersama pasangan. Keluarga Andi akan mengalokasikan Rp36. 000. 000 untuk dana darurat dalam waktu 12 bulan. Maka mereka butuh mengalokasikan Rp3 jutaan per bulan atau sekitar Rp750. 000 per minggu untuk mencapai tujuan penghematan ini.

Setelah mengisi kolom item belanja, isilah kolom “kebutuhan” dan “keinginan” dengan tanda cek. Dari sini pertimbangkan dengan lebih matang, benda atau hal yang perlu Anda beli/penuhi atau tidak.

Gabungkan semua pengeluaran bulanan, termasuk kebutuhan dasar dan pengeluaran lainnya. Perhatikan jumlah pengeluaran Anda untuk pengeluaran tetap dan pengeluaran tidak tetap Anda. Agar kondisi keuangan tetap stabil ketika ada anggota keluarga yang sakit atau bahkan meninggal dunia, maka sebaiknya anggota keluarga dibekali dengan produk asuransi. Untuk melindungi keluarga, Anda bisa memilih produk-produk asuransi dari Astra Life. Tapi bukan berarti dengan mudah Anda membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dimulai dari yang sederhana, seperti tak memiliki hutang konsumtif.

Pikirkan lebih seksama pengertian antara “butuh” dan “ingin”. Tak jarang kita membelanjakan uang untuk hal yang tak terlalu penting atau hanya didorong keinginan, bukan kebutuhan. Buatlah daftar berupa tabel yang terdiri dari kolom untuk item belanja, kebutuhan dan keinginan.

mengelola keuangan keluarga

Mulai dari pemasukan, pengeluaran, saldo, dan segala bentuk anggaran catatlah dengan sedetail mungkin. Dengan begitu, keuangan Anda juga bisa terpantau dengan baik. Jika Anda tidak bisa mengatur pemakaiannya dengan baik, bisa-bisa tagihan listrik Anda jadi membengkak dan membebani anggaran bulanan. Apabila gaji besar tidak dikelola dengan benar maka efeknya Anda jadi sulit berhemat.

Tetapi investasi bisa lebih menguntungkan, tergantung instrumen investasi yang Anda pilih. Namun, jika Anda masih menabung untuk mengumpulkan dana pensiun, ada baiknya jika Anda mengubah cara tersebut dengan mulai mendanai untuk mempersiapkan masa pensiun Anda dan pasangan. Melunasi tagihan TV kabel atau jika diperlukan bisa berhenti berlangganan merupakan salah satu cara yang efektif menghemat pengeluaran dan menyimpan uang untuk masa depan. Walaupun sudah berhenti berlangganan, Anda masih bisa mendapatkan saluran siaran gratis dan menikmati banyak program dan berita yang dibutuhkan. Sehingga semakin banyak uang yang dapat disisihkan dari gaji untuk kemudian ditabung. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk digunakan dalam keadaan darurat, seperti apabila Anda jatuh sakit atau mungkin dipecat dari pekerjaan.