Pemilik Mobil Matic Perlu Baca Tips Perawatan Mobil Matic Ini

0
122

merawat mobil matic

Sebenarnya tidak juga, selama Anda rajin dan teratur untuk memeriksa kondisi mobil tersebut. Karena jika sudah rusak, tentu Anda wajib mengeluarkan biaya lebih banyak untuk memperbaikinya. Kemudian, oli juga penting hubungannya dengan perawatan mesin mobil matic.

Kendaraan yang tipe manual maka sangat bertentangan dengan kendaraan matic. Tuk mobil matic bisa mendapatkan velve rusak dan velve bocor, maka ini dapat terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas. Saat mesin mobil matic dalam keadaan menyala atau belum benar-benar stop, hindari menggunakan persneling ‘P’, karena hal tersebut meraih merusak bagian persneling mobil Anda. Dengan demikian positifkan tuas transmisi berada pada posisi ‘P’ ketika Kamu memarkirkan mobil matic. Saat mobil matic mendadak rusak tentu sangat mengganggu perjalanan atau rencana perjalanan Kamu.

Karena itulah cara merawat mobil matic penting untuk memeriksa kondisi oli transmisi secara berkala. Periksa melalui dipstick oli tarnsmisi, jika kurang dari batas maksimum maka tambahkan oli transmisi tersebut. Pastikan pula tidak ada kebocoran oli di sekitar area gearbox matic mobil Anda. Untuk memastikan hal ini Anda juga bisa intip bagian kolong mobil apakah ada oli yang menetes atau tidak. Lalu benarkah cara merawat mobil matic lebih sulit dari mobil manual?

Saat akan memarkir kendaraan, sebaiknya hindari menggunakan perseneling D lalu langsung mematikan mesin kendaraan. Sementara jika berhenti ketika macet, cukup gunakan persneling N dan menggunakan rem tangan. Tapi perlu dicatat nih detikers, perilaku buruk saat berkendara rupanya sangat berpengaruh besar kepada kerusakan transmisi manual. Dikatakan Top Gear, biaya perawatan mobil manual yang dikendarai dengan buruk bisa lebih mahal daripada matik. Perilaku buruk berkendara memicu Anda untuk mengganti kopling lebih sering. Cara terakhir yang akan diulas untuk merawat mobil matik milik Anda ialah, pahami bagaimana cara penggunaan persneling yang baik dan juga tepat. Hal ini jadi sangat berpengaruh pada mesin mobil matik kesayangan.

Banyak mobil matik mengalami kerusakan karena cara pengoperasian yang salah. Contohnya saja ketika Anda berkendara di saat kemacetan jangan terlalu banyak memindah persneling ke posisi P, sebab komponennya akan rusak lama-kelamaan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda cukup pindahkan ke posisi N sambil dibantu dengan rem tangan. Contoh lainnya ketika saat parkir, mobil matik Anda masih dalam posisi D lantas langsung memastikan mesin.

Banyak pengendara yang menganggap sepele poin ini, padahal jika Anda tidak memanaskan mobil sebelum bepergian, maka mesin mobil matic jadi terganggu. Untuk merawat mesin mobil, panaskan mobil setiap pagi dan pastikan tuas transmisi mobil matic sedang berada di posisi ‘N’ untuk menghindari mobil melaju tanpa disadari. Dengan mengetahui cara merawat mobil matic akan sangat membantu Anda dalam memahami hal yang perlu Anda lakukan agar mobil matic Anda tetap awet. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda sebaiknya bisa memanaskan mobil matik tiap pagi, atau setidaknya mengemudikannya keliling komplek. Lalu lakukan pengecekan suara, olah persneling matik, serta periksa kondisi mesin. Cara ini bisa mengantisipasi kerusakan besar pada mobil Anda.

Cara merawat mobil matic berikutnya yang jangan sampai terlewat adalah memeriksa kondisi radiator berikut air radiator. Pastikan tidak ada air radiator yang bocor dan menetes ke luar komponen radiator, karena jika ada, maka air radiator akan mudah habis dan membuat meisn mobil jadi overheat. Kalau menemukan gejala radiator bocor, maka sebaiknay segera lakukan perbaikan di bengkel. Cara merawat mobil matic berikutnya yaitu memperhatikan bahwa mobil matic bertumpu pada penggunaan perseneling. Ada beberapa kode persneling dalam mobil matic yang perlu diperhatikan penggunaannya seperti D, P, dan N.

merawat mobil matic

Gak usah sampai Anda memposisikan tuas pada simbol P / Parking saat mobil bukan benar-benar dalam keadaan parkir atau berhenti. Hal mulailah selanjutnya Anda lakukan tuk merawat mobil matik kesayangan Anda ialah, jadwalkan oleh rutin servis kendaraan matik tersebut. Maka dari tersebut jangan lupa memanaskan mobil matic anda dan patut di ingat dalam memanaskan mobil matic maka situasi tuas transmisi berada dalam posisi N. Mobil matic sering mengalami kerusakan dalam gasket transmisi seperti kebocoran gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh dikarenakan itu anda sebagai pemilik kendaraan harus mengecek sebagaiselaku, ala, menurut, dini.

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas saat mesin-mesin mobil bekerja dalam melakukan pembakaran dan lainnya. Agar mesin tidak cepat aus, sebaiknya gunakan oli berkualitas. Umumnya penggunaan dengan jarak tempuh minimal 25 ribu km hingga 50 ribu km adalah batas untuk kamu harus ganti oli. “Jadi kuncinya dalam menjaga kondisi mobil matic yang kita punya, cukup lakukan perawatan terkait mengganti oli transmisi per 40 ribu/km, ” tandasnya. Salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan para pemilik mobil adalah mengganti oli transmisi. Perbedaannya jika pada mobil manual hanya membutuhkan oli transmisi sedangkan pada mobil matik olinya haruslah khusus untuk transmisi otomatis.