10 Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet Dan Kinclong

0
136

merawat mobil

Pastikan mobil Anda menggunakan coolant yang direkomendasikan, karena kandungannya dapat menjaga suhu ruang bakar. Andreas juga membagikan tips perawatan mobil yang perlu dilakukan. Berikut perawatan mobil berkala yang harus dilakukan, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel. Supaya radiator dapat berfungsi dengan baik, gantilah air radiator secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar mesin mobil tidak overheat yang memunculkan asap dan mengakibatkan mogok.

Pasalnya mobil yang jarang dipakai bukan berarti akan baik-baik saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya kondisi mobil tetap prima saat akan digunakan. Agar ini tidak terjadi di mobil bekas yang kamu miliki, pastikan untuk selalu mengganti air radiator. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan pemeriksaan hingga service berkala. Luangkan waktu Anda ketika merawat mobil untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama air radiator atau coolant yang sering berkurang pada ruang radiator.

Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi. Apapun jenis mobilnya, baik mobil matic maupun manual, memerlukan perawatan.

Melakukan tune up secara rutin di bengkel mobil merupakan salah satu hal terpenting dalam cara merawat mesin mobil. Dengan melakukan tune up bisa membuat mesin mobil selalu awet dan bekerja dengan optimal. Terakhir dan paling penting yaitu panaskan mesin mobil saat pagi hari, cek kondisi keempat ban dan kelengkapan-kelengkapan mobil. Disiplin dalam merawat mobil akan menyebabkan mobil lebih awet dan menghemat ongkos perbaikan. Sebagai pengendara mobil, tentu Anda ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang lama.

Membaca buku panduan, tanya – tanya soal mobil kepada ahli, dan mengendarai mobil dengan baik adalah salah satu cara agar anda bisa merawat mobil dengan benar dan awet sampai kapanpun. Apabila Anda ingin mobil Anda tetap awet dan nyaman ketika Anda kendarai meski untuk perjalanan jauh sekalipun. Sebaiknya rutin melakukan tips merawat mobil ini supaya tetap dalam keadaan baik ketika akan digunakan.

Meski mesin tidak dihidupkan bukan berarti kondisi oli akan baik-baik saja. Mesin yang tidak bergerak justru membuat oli tidak bisa bersirkulasi melumasi komponen-komponen dalam mesin kendaraan. Mengabaikan cara merawatkan mobil yang jarang dipakaibisa membuat oli jadi mengental. Menjalani WFH tak ada salahnya mengetahui cara merawat mobil yang jarang dipakai.

Tune up mobil atau servis berkala wajib dilakukan demi merawat mobil agar selalu prima dan dalam kondisi yang baik saat digunakan. Jika sudah biasa merawat mobil dengan servis berkala, Anda juga harus rajin untuk menjaga kendaraan agar tetap awet.

merawat mobil

Tips merawat mobil berikutnya adalah dengan rutin melakukan pergantian oli mobil harus untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Untuk mengetahui jadwal penggantian oli bisa dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran jarak tempuh atau berdasarkan waktu. Untuk pergantian oli mobil berdasarkan jarak tempuh, direkomendasikan setiap 10. 000 km.

Cairan untuk mengisi rad sangat penting, agar rad tersebut tetap bersih dan menjaga dari kerak. Air radiator yang kotor membuat radiator tersebut cepat berkerak sehingga aliran air ke mesin mobil juga tidak lancar, sehingga mengakibatkan gangguan pada pendingin dan mesin mobil anda cepat panas. Air radiator yang direkomendasikan adalah cairan coolent, jangan menggunakan sembarang air termasuk air sumur yang mungkin memiliki kandungan logam yang tinggi. Lakukan perawatan mobil secara berkala untuk menjaga kondisi mobil baru agar tetap dalam keadaan baik dan tidak mudah turun mesin. Itulah tips perawatan mobil matic yang pada sesuai standar pada umumnya.